-->

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Mobile Web dan Mobile Apps

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Mobile Web dan Mobile Apps
Apa Kelebihan Dan Kekurangan Mobile Web dan Mobile Apps
Mobile Web adalah sebuah kumpulan halaman yang terdiri dari bahasa html dengan berbasis browser.
yang dapat diakses dengan menggunakan perangkat portable seperti smartphone dan gadget / tablet. melalui jaringan internet atau telekomunikasi berupa 3G, 4G, atau wifi. Mobile web ini dirancang untuk menampilkan sebuah text atau konten data gambar, audio dan vidio atau penggabungan dari beberapa konten yang berada pada layar sebuah smartphone dan tentu juga di pengaruhi oleh keterbasan ukuran layar dan jenis layar sentuhnya. 

Mobile Apps adalah aplikasi yang dibuat untuk smartphone atau tablet yang mengharuskan penggunannya untuk download dan instal terlebih dahulu melalui toko aplikasi (Apple App Store, Play Store, atau Blackberry App) sebelum mengoperasikannya. Mobile apps tersedia untuk digunakan di berbagai platform seperti iOS, Android, Windows Phone, dan Blackberry.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Mobile Web dan Mobile Apps?
Dari pengertian diatas sudah jelas bahwa mobile web dan mobile apps sangatlah berbeda akan tetapi hal berbeda tersebut tetap saling berintegrasi. Dari masing-masing mobile web dan mobile apps memiliki kelebihan dan kekurangan yang mungkin bisa membantu anda, jika anda memiliki sebuah usaha atau bisnis untuk memutuskan anda menggunakan yang mana.

Kelebihan
  • Mobile web memiliki prinsip “develop once run everywhere” yang berarti dapat beroperasi pada lintas platform dalam sekali pengembangan. Untuk itu mobile web relatif tidak membutuhkan banyak biaya untuk pengembangan dibandingkan mobile apps karena dapat berjalan dengan baik di semua browser dan platform mobile.
  • Mobile web Dapat didistribusikan tanpa harus mendapatkan approval dari pihak tertentu dan pengguna tidak perlu harus mencari di toko aplikasi.
  • Mobile apps memiliki performa lebih cepat, hanya memiliki 1 domain, dan lebih menarik dari segi visual.
  • Mobile apps memiliki fitur yang mana pengguna memiliki akses penuh ke perangkat mobile, seperti kamera, gesture, pemberitahuan, speaker, dan fitur lainnya.
  • Mobile apps memiliki kualitas dan keamanan yang terjamin karena dikontrol oleh vendor masing-masing.
Kekurangan
  • Mobile web harus memiliki 2 buah domain dan jika ada gangguan, akan rumit dalam memperbaikinya.
  • Mobile web hanya tersedia hanya jika pengguna dalam keadaan online, performa relatif lambat, dan tidak semua perangkat memiliki fitur tertentu yang bisa dimiliki dalam mobile web.
  • Mobile apps tidak selalu dapat dioperasikan ketika pengguna online, tetapi dalam keadaan offline.
  • Mobile apps untuk biaya pengembangan dan maintenance aplikasi juga lebih mahal.
  • Mobile apps juga mengharuskan adanya proses persetujuan dan pembatasan konten yang berlaku di toko aplikasi.
    Jadi gimana menurut anda! Mana yang lebih baik diantara mobile web dan mobile apps? Ketika Anda memiliki bisnis dan bingung untuk memilih apakah akan menggunakan keduanya atau hanya salah satu, sebenarnya itu tergantung pada tujuan Anda. 
Yang jelas jika anda membutuhkan mobile web agar situs web Anda dapat dengan mudah diakses di berbagai perangkat yang digunakan oleh publik. Tetapi jika Anda ingin memberikan nilai lebih pada brand Anda dan membuat saluran pemasaran yang langsung menjangkau target konsumen Anda, mobile apps adalah pilihan yang tepat. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat keduanya, tetapi tidak bisa hanya memilih mobile apps saja. Karena sangatlah mustahil jika perusahaan hanya mempunyai mobile apps tanpa adanya web. Sekian Terimaksih~.

0 Response to "Apa Kelebihan Dan Kekurangan Mobile Web dan Mobile Apps"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel